Selasa, 16 November 2010

Meramal dengan Kartu Tarot

Pasti pernah dengar yang namanya kartu Tarot. benarkah kartu ini bisa untuk meramal? mengenai kartu Tarot ini banyak versi yang bermunculan. ada yang bilang berawal dari jaman Mesir kuno, ada juga yang bilang berasal dari Amerika, Spanyol, atau perancis. tapi yang pasti, seorang seniman Prancis bernama Jacquemin Gringonneur pernah membuat kartu Tarot sebagai hiburan untuk Raja Charles VI. permainan yang dipopulerkan oleh kaum Gipsi ini kemudian dipercaya dapat "membaca" kehidupan seseorang. pembaca kartu tarot pertama adalah seorang tukang cukur bernama Etteilla yang aslinya bernamaAlliette. tahun 1783 ia menerbitkan sebuah buku definisi Tarot. kaum gipsi pun melakukan hal yang sama di tahun 1800 dan menamakan buku mereka The Tarot of Bohemian.
78 kartu ajaib
Kartu Tarot terdiri dari 78 lembar kartu yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu Major Arcana sebanyak 22 lembar dan Minor Arcana sebanyak 56 lembar. kata 'arcana' sendiri berarti 'rahasia' atau 'tersembunyi'. kartu-kartu Major Arcana secara simbolik mewakili kejadian-kejadian hidup yang luas dan universal. sedangkan Minor Arcana terbagi menjadi 4 bagian: Cups, Wands, Swords dan Pentacles dan setiap bagiannya punya arti yang lebih spesifik lagi. cara membaca kartu Tarot dikenal dengan sebutan 'spread'. setiap kartu punya makna sendiri dan diterangkan dalam buku petunjukanya. jika kartu muncul dalam keadaan terbalik (reserved), artinya pun akan berbeda. di dunia ini ada kurang lebih ribuan spread yang sangat terkenal dan dapat digunakan dalam segala situasi adalah Cerlic Cross Spread. pada spread ini kita dapat mengetahui kondisi yang sedang dialami seseorang secara umum.
Kita juga bisa, kok
Serunya, karena tiap simbol memang ada 'panduan' membacanya, semua orang dapat bermain kartu Tarot. untuk membacanya, kita tidak usah berpatokan pada arti gambar secara harfiah. tapi pikirkan sesuatu yang lebih 'dalam' lagi dan kita hubungkan artinya dengan kartu-kartu lainnya. ikutilah step by step-nya berikut ini :
- Bikin ritualmu

  1. kamu boleh punya aturan sendiri, jika kamu juga boleh bikin ritual sendiri.
  2. konsisten dengan Spread yang selalu kamu lakukan pertama kali.
  3. ciptakan suasana hening untuk membantu konsentrasi.
- Kocok kartunya

  1. kocok kartu dalam keadaan menghadap ke bawah agar tak terlihat.
  2. hati-hati jangan sampai kartu terlipat.
  3. berhentilah mengocok kartu saat kamu merasa sudah saatnya berhenti. ingat-ingat kalau ada kartu yang jatuh, karena bisa saja kartu itu berhubungan dengan kartu lainnya yang akan dibaca nanti.
- Saatnya membaca

  1. keluarkan apa yang ada di pikiranmu tentang kartu yang dibuka.
  2. kalau kamu lupa arti dari salah satu kartu, jangan takut. lihat baik-baik kembali kartu tersebut dan konsentrasi untuk menghubungkan dengan kartu sebelumnya.
  3. jangan minta pendapat dari teman yang kamu baca, sebelum kamu selesai membaca semua kartu.
  4. jangan takut salah, karena saat membaca kartu ini kamu harus bisa membiarkan intuisimu yang berbicara.
3 Cards Spread
Aturan ini adalah aturan termudah yang bisa kita praktekkan. untuk cepat mendapatkan jawaban, Spread ini paling enak dipakai. ketiga kartu ini akan memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaanya.

Pertanyaan tentang....... Kartu 1 Kartu 2 Kartu 3

Waktu   ; & nbsp; Kejadian masa lalu Kejadian sekarang Kejadian masa depan
Pendapat &n bsp; &nb sp; Pendapat orang 1 Pendapat orang 2
Kondisi &nb sp; &nbs p; Situasi & nbsp; &n bsp; Status saat ini

Celtic Cross Spread
Dalam Celtic Cross atau juga sering dikenal sebagai Grand Cross, ada sepuluh kartu yang dipergunakan. setelah kartunya kita kocok, mintalah teman kita yang akan 'dibaca' kehidupannya untuk mengocoknya juga, setelah itu kartu ini ditaruh dalam keadaan tertutup dan dibuka satu-persatu sesuai dengan nomer urutannya. setiap kartu mewakili pertanyaan masing-masing yang memang sudah ada standarnya untuk Celtic Cross Spread. berani coba?

  1. The Covering, kartu pertama ini mewakili diri kamu, kejadian penting di sekitar kamu atau situasi yang sedang terjadi saat ini.
  2. The Crossing, masalah atau konflik yang harus dihadapi oleh kamu.
  3. The Crown, apa yang terbaik yang bisa kamu ambil dari keadaan saat ini.
  4. The Root, kejadian yang sudah berlalu tapi sangat berhubungan dengan situasi yang sedang kamu alami saat ini.
  5. The Past, kejadian atau situasi yang sudah lewat yang harusnya sudah kamu lupakan.
  6. The Future, kejadian yang akan terjadi dalam waktu dekat.
  7. The Questioner, sikap kamu terhadap kejadian atau situasi yang sedang dihadapi.
  8. The House, bagaimana orang lain menilai kamu.
  9. The Inside, harapan dan ketakutan kamu atas situasi saat ini.
  10. The Outcome, bagaimana kejadian itu akan berakhir?

- Meminta Tanggapan
Setelah membaca semua kartu, tanyakan kepada teman kamu apakah ada satu atau dua kejadian yang sama terjadi dalam hidupnya. minta masukan dari dirinya kalau memang ada situasi yang sama, dan dari sinilah kamu bisa membaca lebih dalam. kalau engga ada yang sama sekali situasi yang berhubungan, kamu harus bisa menggali lebih dalam lagi dari kartu-kartu yang dibuka sebelumnya.
ingat loh, jangan berpikiran bahwa kartu ini akan meramalkan secara pasti masa depan kita, namun hanya memprediksikannya berdasarkan situasi yang sedang kita hadapi. soal bagaimana menyelesaikan masalah kita saat ini, kita sendiri yang harus memutuskannya. nah, selamat mencoba... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar